FEP – Academic Orientation

AO (Academic Orientation) merupakan salah satu orientasi yang dilakukan selama masa FEP (Freshmen Enrichment Program) dimana para mahasiswa baru diberikan pembelajaran awal agar saat memasuki masa kuliah tidak bingung dengan pembelajaran yang diberikan serta mahasiswa baru dibiasakan mengikuti jadwal seperti jadwal kuliah biasa.

Hari pertama kegiatan AO ini dimulai dengan para kelas gabungan yang dilakukan di ruang 400 yang disebut kelas besar. Kelas besar ini merupakan suatu kelas dimana materi yang akan kita pelajari itu sama dengan materi dari jurusan lain yang berkaitan dengan IT sehingga para mahasiswa dikumpulkan di auditorium atau ruang 400 untuk mendapat kuliah bersama. Pada kelas besar pertama ini kami para mahasiswa teknik informatika mempelajari mengenai pengenalan awal tentang algoritma. Algoritma ini sangat penting dalam perkuliahan jurusam teknik informatika karena akan digunakan sampai semester akhir. Setelah kelas besar berakhir dilanjutkan dengan kelas kecil dimana kelas dibagi per jurusan dan kami mahasiswa GAT mempelajari algoritma lebih lanjut.

Pada hari ke-2 kami mahasiwa GAT mendapat kelas di Kampus Syahdan di ruangan K3A-B karena dua kelas mahasiwa GAT digabung menjadi 1 untuk membicarakan suatu topik yang sangat penting yaitu kurikulum dimana kita membicarakan apa saja halyang akan kita pelajari sebagai mahasiswa GAT untuk 4 tahun ke depan dan bidang apa yang ingin kita kuasai untuk digunakan dalam dunia kerja nantinya.

Pada hari ke-3 diadakan sesi support center for your success dimana pembicara menjelaskan mengenai membuka usaha sendiri dan dimana kita bisa meminta bantuan mengenai startup atau membuka usaha sendiri jika kita kurang tahu harus memulai dimana. Setalah support center for your success berakhir kelas dilanjutkan dengan pembelajaran algoritma melanjutkan pembelajaran yang kita lakukan selama kelas besar dan kelas kecil pada hari  ke-2 dan dilanjutkan dengan pembelajaran mengenai games.

Pada hari ke-4 para mahasiswa mendapatkan GSLC yaitu dimana para mahasiswa belajar di rumah dan biasanya hanya diberikan tugas. GSLC ini juga bisa dikatakan seperti liburan tapi tidak sepenuhnya benar karena biasanya kita diberikan tugas. Untuk AO ini GSLC dilaksanakan dengan mengikuti program HTTP 2016 yang diselenggarakan oleh HIMTI.

Pada hari ke-5 para mahasiswa diberikan pembelajaran algoritma yang ke-3 dilaksanakan dalam bentuk kelas kecil pada saat ini juga para mahasiswa GAT pertama kali diajarkan Bahasa C dalam bentuk praktek menggunakan computer di lab.

Pad hari ke-6 ini diadakan ujian dengan materi semua hal yang telah kita pelajari selama masa Academic Orientation ini ujian  ini hanya berupa simulasi sehingga tidak masuk ke nilai perkuliahan tetapi sebisa mungkin saya mengerjakan dengan maksimal meskipun ujian ini termasuk sulit bagi saya terutama di bagian coding.

Kegiatan AO ini sangat membantu para mahasiswa baru karena kita diajarkan segala hal basic yang akan kita pelajari kelanjutannya di kuliah nanti sehingga mahasiswa yang baru mulai belajar pun tidak akan ketinggalan materi di kuliah dan memiliki pemahaman yang kurang lebih setara antara satu sama lain.

Author: Michael AP

Huehuehuehuehue (d^w^b)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *